5.
Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
6.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
7.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
8.
Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang
mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak
ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
2.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
3.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual dan prosedural dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara akurat dan berterima berupa:
3.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
3.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
3.3
Wacana
fungsional khusus: membaca,
membacakan, dan menulis pengumuman
berisi instruksi (notice) dan pesan singkat (short message)
3.4
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis descriptive
(orang, benda, binatang)
3.5
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (pengalaman orang lain)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2
Memahami
dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
Listening
7.1
get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
7.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
4. Memahami dan mengungkapkan makna dalam
wacana lisan dan tertulis,
pendek dan sederhana, secara akurat
dan berterima berupa:
4.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
4.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
4.3
Wacana fungsional khusus: membaca dan menulis
undangan (invitation) dan kartu ucapan (greeting card)
4.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (peristiwa dan pengalaman
pribadi)
4.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative
(fabel)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya secara faktual.
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|