Kelas VII
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 1
|
1.
Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
2.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
3.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
4.
Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang
mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa orang yang
belum/sudah dikenal, memperkenal-kan diri sendiri/orang lain, dan memerintah
atau melarang
1.2 Merespon makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) yang menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
informasi, mengucapkan terima kasih, meminta maaf, dan mengungkapkan
kesantunan
2.1
Merespon
makna tindak tutur yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
2.2
Merespon
makna gagasan yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
1.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara
akurat dan berterima berupa:
1.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
1.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
1.3
Wacana
khusus: membaca, dan menulis label nama benda, inventory (daftar barang dalam satu kelompok),
instruksi (instruction)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1 Mengungkapkan makna dalam percakapan
transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) dengan menggunakan ragam bahasa lisan
sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima
3.2
Melakukan
interaksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: menyapa
orang yang belum/sudah dikenal, memperkenalkan diri sendiri/orang lain, dan
memerintah atau melarang
3.3
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) dengan
menggunakan ragam bahasa lisan sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi informasi, mengucapkan terima kasih,
meminta maaf, dan mengungkapkan kesantunan
|
||
4.1
Mengungkapkan
makna tindak tutur dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
4.2
Mengungkapkan
makna gagasan dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
||
Reading
5.1
Membaca
nyaring bermakna kata, frasa, dan kalimat dengan ucapan, tekanan dan intonasi
yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
5.2
Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
|
||
Writing
6.1 Mengungkapkan makna gagasan dalam teks
tulis fungsional pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
6.2 Mengungkapkan langkah retorika dalam
teks tulis fungsional pendek sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
|
||
Smt 2
|
KD 2
|
|
Listening
7.1
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta dan memberi jasa,
meminta dan memberi barang, serta meminta dan memberi fakta
7.2
Merespon
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur:
meminta dan memberi pendapat , menyatakan suka dan tidak suka, meminta
klarifikasi, dan merespon secara interpersonal
8.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
8.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog sangat sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
2. Memahami dan mengungkapkan makna faktual
dalam wacana lisan dan
tertulis, pendek dan sederhana,
secara akurat dan berterima berupa:
2.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
2.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
2.3
Wacana fungsional khusus: membaca
dan menyalin tanda atau rambu (short notice)
dan tanda peringatan (warning/caution)
2.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis deskripsi (orang, benda, dan binatang)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan
tindak tutur: meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, dan
meminta dan memberi fakta
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sangat
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi
pendapat, menyatakan suka dan tidak suka, meminta klarifikasi, merespon
secara interpersonal
10.1
Mengungkapkan
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sangat sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
||
Reading
11.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan terdekat
11.2
Merespon makna dan langkah retorika secara
akurat, lancar dan berterima dalam esei sangat sederhana yang berkaitan
dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive dan procedure
11.3
Membaca nyaring bermakna teks fungsional dan
esei pendek dan sangat sederhana berbentuk descriptive dan
procedure dengan ucapan, tekanan
dan intonasi yang berterima
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan
makna dalam teks tulis fungsional pendek sangat sederhana dengan menggunakan ragam bahasa tulis
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat
12.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sangat sederhana dengan
menggunakan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan terdekat dalam teks berbentuk descriptive
dan procedure
|
Kelas VIII
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 3
|
5.
Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
6.
Menunjukkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam
berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
7.
Memahami
pengetahuan faktual, konseptual dan prosedural dengan cara mengamati, mengaitkan, mempertanyakan, menalar
induktif, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, lingkungan alam dan sosial yang terkait
fenomena dan kejadian yang tampak mata.
8.
Menemukan,
menerapkan, dan menyajikan: pengetahuan faktual, konseptual,
dan prosedural secara logis, sistematis, dan kritis; seni yang
menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan tindakan/gerakan yang
mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, mengakui, mengingkari fakta, dan meminta
dan memberi pendapat
1.2 Merespon makna yang terdapat dalam
percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar yang melibatkan tindak tutur: mengundang, menerima dan menolak
ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji, dan memberi selamat
2.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar
2.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
3.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual dan prosedural dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara akurat dan berterima berupa:
3.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
3.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
3.3
Wacana
fungsional khusus: membaca,
membacakan, dan menulis pengumuman
berisi instruksi (notice) dan pesan singkat (short message)
3.4
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis descriptive
(orang, benda, binatang)
3.5
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (pengalaman orang lain)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, mengakui,
mengingkari fakta, dan meminta dan memberi pendapat
3.2
Memahami
dan merespon percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) sederhana
dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar yang melibatkan tindak tutur:
mengundang, menerima dan menolak ajakan, menyetujui/tidak menyetujui, memuji,
dan memberi selamat
|
||
1.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa
lisan secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan
lingkungan sekitar
1.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
||
Reading
5.1
Membaca
nyaring bermakna teks tulis fungsional dan
esei berbentuk descriptive dan recount pendek dan sederhana dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.2
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima yang
berkaitan dengan lingkungan sekitar
5.3
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk descriptive dan recount
|
||
Writing
6.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
||
Smt 2
|
KD 4
|
|
Listening
7.1
get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
7.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.1
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.2
Merespon
makna yang terdapat dalam monolog
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk narrative dan recount
|
4. Memahami dan mengungkapkan makna dalam
wacana lisan dan tertulis,
pendek dan sederhana, secara akurat
dan berterima berupa:
4.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
4.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
4.3
Wacana fungsional khusus: membaca dan menulis
undangan (invitation) dan kartu ucapan (greeting card)
4.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan dan menulis recount (peristiwa dan pengalaman
pribadi)
4.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative
(fabel)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama, demokratis, dan kreatif untuk berinteraksi tentang lingkungan sosial dan
alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang dewasa di
lingkungan terdekatnya secara faktual.
|
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang,
meminta, memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak
pendapat, dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian
terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta
mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
||
Reading
11.1
Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
11.2
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
12.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
Kelas IX
KI
|
KD LAMA (SI)
|
KD BARU
|
|
Smt 1
|
KD 5
|
9.
Menerima
dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya serta menghargai penganut agama
lain.
10. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta tanah air, semangat
kebangsaan, mandiri, kerja sama, dan kreatif dalam berinteraksi dengan
kelompok sebaya dan masyarakat lingkungan sekitar.
11. Memahami pengetahuan faktual, konseptual
dan prosedural dengan cara mengamati,
mengaitkan, mempertanyakan, menalar induktif, dan mencoba berdasarkan
rasa ingin tahu tentang dirinya,
lingkungan alam dan sosial yang terkait fenomena dan kejadian yang
tampak mata.
12. Menemukan, menerapkan, dan menyajikan:
pengetahuan faktual, konseptual, dan prosedural secara logis, sistematis,
dan kritis; seni yang menggambarkan keindahan; karya yang kreatif; dan
tindakan/gerakan yang mencerminkan perilaku hidup sehat.
|
Listening
1.1
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur: meminta dan memberi kepastian, serta
mengungkapkan dan menanggapi keraguan
1.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari yang
melibatkan tindak tutur berikut meminta pengulangan, menunjukkan
perhatian, dan menyatakan kekaguman
2.1 Merespon makna yang terdapat dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari
2.2
Merespon makna yang terdapat dalam
monolog pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks kehidupan
sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
5.
Memahami
dan mengungkapkan makna faktual prosedural dan konseptual dalam
wacana lisan dan tertulis,
pendek dan sederhana, secara akurat
dan berterima berupa:
5.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
5.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
5.3
Wacana
fungsional khusus: membaca,
membacakan, dan menulis label (obat, makanan, minuman) dan pengumuman berisi pemberitahuan (announcement)
5.4
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menyalin narrative (cerita rakyat)
5.5
Wacana
fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report
(benda)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif
untuk berinteraksi tentang lingkungan
sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang
dewasa di lingkungan terdekatnya.
|
Speaking
3.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta dan
memberi kepastian dan mengungkapkan dan menanggapi keraguan
3.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan
interpersonal (bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari yang melibatkan tindak tutur: meminta
pengulangan, menunjukkan perhatian, dan menyatakan kekaguman
|
||
4.1 Mengungkapkan makna dalam bentuk teks
lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dalam konteks
kehidupan sehari-hari
4.2 Mengungkapkan makna dalam monolog pendek
sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar, dan
berterima untuk berinteraksi dalam
konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure dan report
|
||
Reading
5.1 Membaca nyaring bermakna teks fungsional
dan esei pendek sederhana berbentuk procedure
dan report dengan ucapan,
tekanan dan intonasi yang berterima
5.2 Merespon makna yang terdapat dalam teks
tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari
5.3 Merespon makna dan langkah retorika
dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar dan berterima untuk
berinteraksi dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk procedure
dan report
|
||
Writing
6.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
6.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar dalam teks berbentuk descriptive
dan recount
|
||
Smt 2
|
KD 6
|
|
Listening
7.1
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi, menolak jasa,
meminta, memberi, menolak barang, dan meminta, memberi dan mengingkari
informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat, dan menawarkan / menerima
/ menolak sesuatu
7.2
Merespon
makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done)
dan interpersonal (bersosialisasi)
pendek sederhana secara akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
terdekat yang melibatkan tindak tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon
pernyataan, memberi perhatian terhadap pembicara, mengawali, memperpanjang,
dan menutup percakapan, dan mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
8.3
Merespon
makna yang terdapat dalam teks lisan fungsional pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar
8.4 Merespon makna yang terdapat dalam
monolog pendek sederhana secara
akurat, lancar, dan berterima untuk
berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk narrative dan
recount
|
6. Memahami dan mengungkapkan makna
faktual prosedural dan konseptual dalam wacana lisan dan tertulis, pendek dan sederhana, secara akurat dan berterima berupa:
6.1
wacana interpersonal:
memberi dan merespon sapaan orang
yang belum/sudah dikenal, memberi, meminta dan merespon pernyataan maaf , mengungkapkan dan membalas terimakasih, dan menggunakan ungkapan kesantunan ‘Please’
untuk meminta jasa/barang/ informasi
6.2
wacana transaksional:
Memberitahu dan menanyakan tentang fakta dan perasaan serta meminta dan
menawarkan barang dan jasa
6.3
Wacana fungsional khusus: membaca dan menyalin
Iklan pendek produk
dan Iklan pendek jasa
6.4
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan,dan menyalin prosedur
(manual, resep)
6.5
Wacana fungsional: mendengarkan, membaca, membacakan, dan menulis report
(peristiwa)
serta menanamkan nilai-nilai karakter jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, percaya diri, cinta
tanah air, semangat kebangsaan, mandiri, kerja sama dan kreatif
untuk berinteraksi tentang lingkungan
sosial dan alam di sekitar rumah dan sekolah dengan kelompok sebaya dan orang
dewasa di lingkungan terdekatnya.
|
|
Speaking
9.1
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi, menolak jasa, meminta, memberi, menolak barang, meminta,
memberi dan mengingkari informasi, meminta, memberi, dan menolak pendapat,
dan menawarkan / menerima / menolak sesuatu
9.2
Mengungkapkan
makna dalam percakapan transaksional (to
get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan terdekat yang melibatkan tindak
tutur: meminta, memberi persetujuan, merespon pernyataan, memberi perhatian terhadap
pembicara, mengawali, memperpanjang, dan menutup percakapan, serta mengawali,
memperpanjang, dan menutup percakapan telepon
10.1
Mengungkapkan
makna dalam teks lisan fungsional pendek sederhana dengan menggunakan ragam
bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar
10.2
Mengungkapkan
makna dalam monolog pendek sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan
secara akurat, lancar, dan berterima
untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount
dan narrative
|
||
Reading
11.1
Membaca
nyaring bermakna teks fungsional dan esei pendek sederhana berbentuk recount
dan narrative dengan
ucapan, tekanan dan intonasi yang berterima yang berkaitan dengan lingkungan
sekitar
11.2
Merespon
makna dalam teks tulis fungsional pendek sederhana secara akurat, lancar dan
berterima yang berkaitan dengan lingkungan sekitar
11.3
Merespon
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana secara akurat, lancar
dan berterima yang berkaitan dengan
lingkungan sekitar dalam teks berbentuk recount dan narrative
|
||
Writing
12.1
Mengungkapkan
makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi
dengan lingkungan sekitar
12.2
Mengungkapkan
makna dan langkah retorika dalam esei pendek sederhana dengan menggunakan
ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima untuk berinteraksi dengan lingkungan
sekitar berbentuk recount dan narrative
|
0 komentar:
Posting Komentar